Kamis, 03 Januari 2013

4 Desa di Wonosari Dipasangi Lampu Perangkap Wereng

Sebanyak empat desa di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten pada 2013 akan dipasangi lampu perangkap serangga atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Empat desa itu masing-masing Sekaran, Jelobo, Duwet dan Sidowarno.
“Alat bernama light trap (LT) atau lampu perangkap serangga itu merupakan bantuan dari Dinas Pertanian. Selain empat desa di Wonosari, di sejumlah desa di beberapa kecamatan di Klaten juga mendapat bantuan serupa. Hanya saja jumlah desa di tiap kecamatan ada yang berbeda,” kata Kepala Desa Sidowarno, Wonosari, Rujito Suprayogo ketika ditemui di Wonosari, Kamis (27/12/2012).
Menurut dia pemasangan alat itu dalam rangka pengamanan produksi dari gangguan OPT, terutama yang disebabkan serangga hama, diperlukan pengawalan ketat terhadap tanaman. Caranya dengan gerakan deteksi dini terhadap munculnya populasi atau serangan OPT antara lain melalui pengamatan dengan alat bantu LT.
Rujito menambahkan LT bertenaga surya itu nantinya akan dipasang di persawahan yang terluas dan endemis serangan OPT seperti hama wereng batang cokelat, penggerek batang dan sebagainya. Kendati demikian pemasangan LT juga harus memerhatikan berbagai aspek di antaranya faktor keamanan alat dari pencurian dan kemudahan dalam pengamatan.
Sementara itu Kepala Desa Bener, Wonosari, Radimo mengakutakan kendati pemasangan alat tersebut tidak di desannya, dia mengaku senang. Sebab desanya yang bersebelahan dengan Sidowarno diharapkan akan mendapat manfaat.
Karena OPT seperti wereng, batang cokelat, penggerek batang dan sebagaainya bisa bergerak ke segala penjuru arah dengan radius sebaran yang cukup jauh. “Setahu saya alat ini belum ada yang dipasang di Klaten. Kalau Sukoharjo memang sudah ada yang dipasang di antaranya di Kecamatan Baki atau di sebelah utara desa saya,” kata dia.

Sumber: Solopos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar